Email Marketing

Apakah anda seorang blogger yang serius? Atau sedang membangun bisnis online? Kalau iya, anda harus mulai membangun email list dari sekarang!

Salah satu penyesalan terbesar saya dalam internet marketing adalah tidak membangun email list sesegera mungkin. Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan melakukan list building, namun sayangnya masih banyak orang yang belum sadar apa sih untungnya.

Apa itu email marketing

Sebelumnya, akan saya jelaskan secara singkat mengenai email marketing. Intinya, email marketing adalah usaha memasarkan sesuatu melalui email yang biasanya dikirimkan secara masal kepada orang-orang yang sudah mendaftarkan emailnya.

Untuk mengirimkan email secara masal, ada tool yang bisa kita manfaatkan. Beberapa di antaranya yang populer adalah GetResponse (mulai dari $15/bulan), AWeber (mulai dari $19/bulan), dan MailChimp (mulai dari $0/bulan).

Dengan bantuan tool-tool tersebut, anda bisa membuat opt-in form – form pendaftaran email – dengan mudah. Email marketing tool juga berguna untuk menampung daftar email yang sudah anda kumpulkan dan juga mengirimkan email untuk mereka secara otomatis, misalnya untuk mengirimkan update post baru di blog anda.


 

Untuk anda yang belum kenal dengan email marketing tool sebelumnya, mungkin anda akan berpikir untuk apa juga kita bayar mahal-mahal untuk mengirimkan email? Padahal ada fasilitas yang gratis seperti FeedBurner misalnya, untuk mengirimkan update konten blog otomatis ke pembaca.

Selain mengirimkan email otomatis berupa update konten baru, anda juga bisa mengirimkan email yang anda tulis sendiri. Karena itulah menggunakan email marketing tool lebih bagus daripada FeedBurner atau WordPress Jetpack.

Tapi untuk anda yang sudah terlanjur menggunakan FeedBurner, jangan khawatir karena daftar subscriber bisa di-export.

Manfaat membangun email list

Membangun email list sangat bermanfaat untuk sebuah bisnis online, maka dari itu kalau anda berkunjung ke website-website, banyak yang meminta anda untuk memasukkan email.

Email masih menjadi alat komunikasi online yang paling efisien untuk berbagai kebutuhan. Setiap hari, semua orang yang rajin online pasti menyempatkan diri mengecek email. Apalagi dengan adanya smartphone, akses menuju email jadi sangat mudah.

Email akan terus berevolusi di masa depan, orang-orang akan semakin sering menggunakan email untuk berkomunikasi secara online, mengirimkan file, atau menyimpan berkas penting.

Dibandingkan menulis di blog, ada kelebihan mengirimkan email secara langsung. Inilah alasan mengapa mengirimkan email lebih efektif daripada media lainnya:

  • Lebih personal. Karena email pada dasarnya adalah media komunikasi, mengirimkan email berkesan lebih personal. Email yang anda kirimkan akan terasa lebih personal, kalau dikirimkan dengan tepat. Dengan email, orang lain juga dapat mengirimkan pesan untuk anda secara langsung.
  • Tepat sasaran. Orang yang mendaftarkan dirinya di email list anda adalah mereka yang jelas-jelas tertarik dengan anda, produk anda, atau hasil karya anda. Orang-orang inilah yang ingin mendengar informasi lebih lanjut dari anda. Kalau anda menjual produk, anggota email list anda akan cenderung lebih mungkin untuk membeli dibandingkan orang lain.
  • Untuk menjalin hubungan. Sangat penting untuk menjalin hubungan dengan orang yang tertarik dengan anda. Dengan email list, anda bisa membangun hubungan yang lebih erat dengan mereka sehingga anda jadi lebih terpercaya.
  • Proaktif. Kalau di blog, anda menulis kemudian menunggu orang lain datang dan membacanya. Ini bisa dibilang sebagai usaha pasif. Dengan email, kita secara aktif mengirimkan email langsung ke inbox mereka.
  • Lebih murah. Meskipun email marketing tool membutuhkan biaya, tapi biaya ini jauh lebih mudah sebagai biaya pemasaran dibandingkan menggunakan media iklan. Selain lebih murah, email marketing juga lebih hemat waktu.
  • Jangkauan lebih besar. Social media juga bisa digunakan untuk menjalin hubungan dengan audience. Tapi email bisa menjangkau lebih banyak orang karena postingan di Facebook seringkali difilter oleh sistemnya sehingga tidak muncul di news feed follower anda. Sedangkan di Twitter arus informasinya terlalu deras, ada kalanya tweet dari anda tidak terbaca. Walaupun begitu, social media juga sangat penting.

Jadi kesimpulannya, email marketing merupakan usaha pemasaran yang lebih efektif dibandingkan media-media lainnya kalau dilakukan dengan tepat. Maka dari itu tidak heran kalau bisnis-bisnis online besar selalu meminta email pengunjungnya.

Kalau ada seorang blogger yang serius, ingin menjadi blogger yang serius, atau sedang membangun bisnis online, jangan abaikan email marketing. Mulailah dari sekarang sebelum terlambat.

Advertisements